Senin, 06 Juli 2009

Mencontoh

Mencontoh itu adalah merupakan suatu usaha, cuma harus kita cermati dalam masalah ini yakni tentang hal apa yang dicontoh !

Kalau kita mencontoh langkah-langkah seseorang sehingga orang tersebut menjadi berhasil, maka ini juga merupakan usaha. Sesungguhnya seorang yang sekolah itu adalah merupakan tindakan mencontoh juga, yakni mencontoh apa-apa yang diajarkan oleh seorang guru-orang tua atau dosen yang walaupun dalam hal ini sering dikatakan sebagai proses belajar. Dalam proses belajar mengajar ini tidak lepas dengan apa yang dikatakan tindakan contoh-mencontoh.

Seorang Bapak yang mengajari anaknya, pertama kali adalah mengharapkan anaknya untuk mencontoh, tentang apa-apa yang diucapkan oleh orang tuanya. Mencontoh dengan menirukannya sepenggal dua penggal kata bagi seorang anak tidaklah mudah. Inilah yang dinamakan proses belajar.

Sadar atau tidak tindakan kita adalah banyak mencontoh dari orang lain orang lain yang lebih dulu atau yang lebih mengerti daripada kita, seperti kalau saya gambarkan adalah dalam mencontoh pola. Kalau lagi tren pola potongan rambut pendek maka banyak tua-muda, besar kecil semuanya ingin potong rambut pendek dan begitu pula sebaliknya.

Suatu ide yang ditiru itu sebenarnya merupakan kreatifitas realistis dari manusia, walaupun masternya sudah tertentu, misal kalau tentang baju memakai pola dari yang pas lalu yang sedang selanjutnya ke yang longgar; semuanya bergeser dari itu itu saja walaupun perpaduannya berbeda-beda.

Pekerjaan mencontoh itu sebenarnya tidak mudah, kalau yang dicontoh adalah hal yang sangat sederhana mungkin dapat kita lakukan dengan mudah; tetapi kalau yang kita contoh itu hal yang sulit, walaupun tinggal mencontoh ternyata tidak semudah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar