Senin, 06 Juli 2009

Keabadian

Apa itu yang dikatakan abadi ? Pengertian banyak orang mengatakan bahwa keabadian itu adalah sesuatu yang kekal ! Dalam hal ini perlu dipertanyakan, apakah dalam kehidupan ini ada sesuatu yang dinamakan kekal ... hal ini nampaknya perlu dicermati ataupun perlu dilakukan suatu pengkajian.

Yang dikatakan oleh yang namanya manusia tentang keabadian adalah merupakan keabadian yang sifatnya semu. Keabadian atau kelanggengan itu identik dengan adanya sifat yang tidak pernah berubah, namun kalau ditelaah apakah dalam kehidupan ini ada sifat yang tidak berubah ?

Dari dahulu sampai saat ini yang terjadi adalah suatu perubahan, perubahan itu ada karena adanya waktu ! Sedangkan pengertian tentang keabadian hakiki adalah tidak terikat oleh suatu waktu, yang padahal hidup manusia itu terikat oleh suatu waktu.

Kalau pengertian dari keabadian itu diartikan dengan sesuatu keadaan yang bersifat terus menerus, maka disisi lain dapat dikatakan bahwa yang abadi itu yakni perubahan itu sendiri. Inilah sebenarnya pengertian yang mendekati makna keabadian yang sebenarnya.

Sedangkan dengan apa yang dikatakan dengan cinta abadi adalah ada dalam perkataan atau dalam kalimat saja, namun dalam kenyataanya dikehidupan ini sesungguhnya tidak ada yang dikatakan suatu keabadian itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar